Senin, 11 April 2011

Mempercepat StartUp dan Shutdown



windows-xp
Belajar komputer dan belajar internet. Apakah komputer Anda lambat pada startup dan shutdown? Apakah Anda harus menunggu selama sekian menit untuk boot Windows atau Shutdown? Jika demikian, Anda dapat membaca artikel ini untuk mempelajari cara untuk mempercepat Windows XP startup dan shut down.
Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Disable beberapa item startup yang tidak perlu. Klik Start “dan Run”, ketik msconfig “dan klik OK” untuk membuka System Configuration Utility.  Click tab Startup “. Pilih item yang tidak perlu berjalan secara automatis pada waktu startup dan nonaktifkan saja mereka. Ini akan mencegah program-program yang tidak perlu dari mulai dengan Windows Sistem dan memperpanjang startup.
  2. Registry.Edit kunci untuk memperbaiki masalah Windows XP startup dan shutdown yang lambat. Klik Start “dan pilih Run”, ketik “regedit “dan klik “OK” untuk membuka Regitry Editor.Open yang submenu: [HKEY_CURRENT_USER ]–>[ Control Panel ]–>[ Desktop]–>[HungAppTimeout], kemudian memodifikasi data nilai menjadi 200. Dan memodifikasi data nilai [WaitToKillAppTimeout] menjadi 1000.
  3. Untuk mempercepat Windows XP startup. Buka Regitry Editor. Buka submenu: [ HKEY_LOCAL_MACHINE ]–>[ CurrentControlSet ]–>[ Control SessionManager ]–>[ MemoryManagement]. Cari [PrefetchParameters]. Temukan [EnablePrefetcher] pada jendela kanan dan ubah nilai data yang menjadi 1 atau 5.

Ketika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda akan menemukan Windows startup dan shutdown lebih cepat dari sebelumnya. Untuk mempercepat Windows XP secara holistik, Anda perlu mengoptimalkan nilai parameter-parameter lainnya dan data dari Windows registry, mempercepat koneksi internet, jaringan lokal, dan memperbaiki kesalahan internet explorer, dan seterusnya.
Akan sangat memakan waktu dan berisiko untuk melakukan pekerjaan ini. Saya sarankan Anda anda mem-backup registry terlebih dahulu dan menggunakan tool registri untuk memperbaiki semua key registry yang tidak valid, hilang, rusak. Software registry yang baik tidak hanya membantu Anda memperbaiki masalah startup dan shutdown komputer, tetapi juga membantu Anda melakukan optimasi seluruh sistem dan meningkatkan kinerja komputer.
Oleh: ictfiles.com



Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah jumlah waktu yang dibutuhkan komputer sebelum booting up. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di sini.

* Buka Menu 'Start'. Klik pada 'Run'.

* Sekarang ketik 'msconfig' dan tekan tombol Enter.

* Carilah di bawah tab file "BOOT.INI". kemudian tempatkan 'Timeout'.

* Di depan, Anda akan melihat nomor '30'. Ini adalah setting default untuk jumlah detik yang diperlukan untuk boot up.

* Ubah dengan angka '3'. startup lambat Windows XP Anda telah diselesaikan.



Kemungkinan Lain memperbaiki Windows XP startup lambat adalah untuk meningkatkan jumlah RAM (Random Access Memory) pada komputer Anda. Hal ini akan mempercepat startup Windows XP lambat dengan cepat. komputer laptop dan komputer desktop memiliki syarat setidaknya 4GB RAM saat ini, jadi jika Anda menggunakan sesuatu di bawah 1GB RAM, Anda perlu meng-upgrade segera.



Penyebab lain untuk memperlambat startup Windows XP adalah bahwa ada terlalu banyak program yang dimulai secara otomatis saat Anda mengaktifkan komputer. Anda akan menemukan bahwa ini adalah tugas yang sama sekali tidak perlu untuk diinstal, sehingga mereka memperlambat komputer Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi jumlah program yang dimulai secara otomatis saat Anda startup komputer Anda. Berikut adalah bagaimana Anda bisa melakukan itu. caranya :



* Buka 'Start'. Klik pada 'Run'.

* Sekarang ketik msconfig 'dan tekan tombol Enter.

* Carilah di bawah tab 'Startup'.

* Sekarang Anda dapat mencentrang tidak memilih semua program yang Anda rasa tidak perlu? untuk diaktifkan bila Anda menghidupkan komputer Anda. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi masalah startup Windows XP yang lambat.



Pilihan lain bagi Anda untuk mengatasinya adalah untuk menghapus semua program yang tidak perlu dari komputer Anda sepenuhnya. Kadang-kadang kita menginstal program baru dan kemudian menemukan bahwa mereka tidak berguna/tidak dipakai . Kegagalan untuk menghapus program yang tidak diinginkan, hampir pasti, mengarah pada startup Windows XP lambat. Untuk menghapus program yang tidak diinginkan, cukup pergi ke 'Start' , 'Control Panel' dan kemudian 'Add or Remove Programs'. Sekarang Anda dapat memilih program mana yang ingin Anda uninstall dan hapus sepenuhnya dari komputer Anda. Perlu diketahui bahwa Anda akan harus me-restart komputer Anda setelah ini. Ini juga akan membantu Anda memeriksa, jika waktu startup mengalami penurunan atau tidak.



Cara lain bagi Anda untuk menyembuhkan Windows XP yang lambat startup adalah dengan membersihkan disk anda. Untuk melakukan ini, Anda harus pergi ke 'klik kanan My Computer' klik pada disk lokal Anda dan kemudian pilih 'Properties'. Dalam tab 'General' Anda akan melihat pilihan yang disebut 'Disk Cleanup' di sebelah. Ini adalah cara yang bagus untuk membersihkan file-file sementara dan cookie dari disk Anda, dan mungkin berakhir mempercepat proses startup Anda. Anda juga dapat memilih tab 'Tools' dan kemudian pilih 'Defragment Now' untuk mempercepat komputer Anda. kecepatan Lambat dalam mempelopori Windows XP adalah sesuatu yang dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan berbagai metode, dengan metode masing-masing memberikan tingkat keberhasilan yang berbeda.



Saya yakin tidak ada seorangpun pengguna komputer yang senang dengan komputer yang lama loadingnya (waktu startup terlalu lama). Banyak dari mereka justru melakukan berbagai macam cara dan trik guna mempercepat loading komputer agar bisa segera digunakan. Tetapi jika memang anda sering menginstall dan meng-uninstall program, waktu loading yang lama tidak bisa dihindari, karena ada beberapa program yang anda install masuk kedalam sistem startup Windows yang akan selalu diloading ketika komputer dinayalakan. Contoh software yang ketika diinstall akan ikut masuk kedalam sistem startup windows adalah antivirus (real time protector), tuneup utilities (sistem statistik dan defragment service), dll. Terus bagaimana mengembalikan waktu loading windows agar lebih cepat ?
Berikut ini adalah cara mempercepat Startup Windows XP anda.
  1. Klik Start, Run
  2. Ketikkan : msconfig
  3. Akan muncul Windows “System configuration Utility” dengan beberapa Tab yaitu: General, SYSTEM.INI, WIN.INI, BOOT.INI, Services, Startup dan Tools
  4. Buang Centang pada aplikasi/ service yang tidak diinginkan, misalnya ingin mendisable Indexing Service –> Klik Tab Service, kemudian pada baris Indexing Service centang dibuang.
  5. Beberapa service yang dapat anda disable misalnya
    • Alerter
    • Application Management
    • Clipbook
    • Fast UserSwitching
    • Help and Support
    • Human Interface Devices
    • Indexing Service
    • Net Logon
    • NetMeeting
    • QOS RSVP
    • Remote Desktop Help Session Manager
    • Remote Registry
    • Routing & Remote Access
    • SSDP Discovery Service
    • Web Client
  6. PERHATIAN!!: Web Client hati-hati dalam membuang centang, karena banyak service yang memang dibutuhkan oleh Windows agar tetap berjalan.
  7. Setelah selesai, klik OK dan lakukan Restart
  8. Setelah restart selesai, pada layar akan muncul Warning bahwa anda telah menggunakan utility msconfig, beri Centang agar pada saat restart Windows berikutnya tidak muncul Warning ini.
  9. Bagaimana kalau terjadi kesalahan? Tidak perlu panik, panggil msconfig lagi dan klik “Launch System Restore” untuk merestore Windows ke kondisi sebelum kita mengubahnya.
Demikian sharing singkat dari saya. Masih banyak trik yang bisa digunakan untuk mempercepat proses loading windows. Tunggu saja posting berikutnya. Terima kasih, dan semoga bermanfaat


oleh:sobatpc.com




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

koment

Ada kesalahan di dalam gadget ini